Home » » 10 Tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Sulawesi Tengah

10 daftar tempat wisata di Sulawesi Tengah yang patut anda coba kunjungi 10 Daftar Tempat Wisata yang wajib anda kunjungi di Sulawesi...

10 Tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Sulawesi Tengah

Written By test on Monday 28 March 2016 | 12:09

10 daftar tempat wisata di Sulawesi Tengah yang patut anda coba kunjungi


10 Daftar Tempat Wisata yang wajib anda kunjungi di Sulawesi tengah. Menelusuri tempat-tempat wisata yang ada di kota palu dan sekitarnya. Kota Palu adalah salah satu kota yang ada di indonesia yang termasuk dalam Provinsi sulawesi tengah. Kota palu sangat terkenal dengan Kulinernya yang khas, dan bukan hanya itu saja, tetapi kota palu juga memiliki suatu peninggalan budaya dan adat istiadat yang masih ada sampai sekarang. Dengan menelusuri tempat-tempat wisata yang ada di kota palu, anda akan lebih mengenal kota palu itu seperti apa dan apa yang sebenarnya yang menarik dari Kota palu dan Pada khususnya daerah Sulawesi Tengah.

Berbicara mengenai tempat wisata yang ada di kota palu dan sekitarnya, pasti akan membuat anda semakin penasaran apa bila anda belum berkunjung ke kota palu. Kota palu termasuk kota yang nyaman, yang dimana masyarakat kota palu bisa di bilang masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan.

Ada beberapa tempat wisata yang anda dapat kunjungi di kota palu, dan pastinya anda tidak akan menyesal apabila anda berkunjung ke kota palu dan menikmati tempat- tempat wisatanya.

Tempat-tempat wisata tersebut adalah sebagai berikut.


Pantai Tanjung Karang

Untuk menempu pantai tanjung karang anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam atau sekitar 60 menit. Jarak lokasi tanjung karang dan kota palu sekitar 37 kilometer, anda dapat menempunya dengan menggunakan Sepeda motor atau mobil. Pantai Tanjung karang adalah salah satu Pantai yang memiliki pengunjung terbanyak di Sulawesi Tengah. Pantai tanjung karang juga memiliki pasir yang putih dan air yang jernih dan pastinya bersih dan sangat nyaman apabila anda memulai berenang. Pantai Tangjung karang juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari alat berenang, tempat bersantai atau berjemur dan kemudian pantai tanjung karang juga memiliki restoran yang juga terletak di pesisir pantai tangjung karang. Dengan adanya fasilitas yang memadai pastinya anda tidak akan ragu untuk mencoba berkunjung Ke Pantai Tanjung karang yang ada di Kota Palu Sulawesi Tengah.

Lokasi : Terletak di wilayah Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah, jarak sekitar 37 Km arah Timudfddsf Laut dari Kota Palu.

Estimasi Waktu : Kurang dari 1 jam

Transportasi : Roda 2 (Motor) dan Roda 4 (Mobil)

Wisata Pantai
Taksi wisata pantai tanjung karang - Photo by Great photo indonesia

Pusentasi Pusat Laut di Donggala 

Pusat laut yang teletak di daerah donggala kini menjadi salah sutu pusat rekreasi para wasatawan luar egeri maupun lokal, Pusat laut ini berbentuk sumur yang terisi oleh air laut yang asin dan memiliki air yang jernih dan pastinya sangat nyaman untuk anda yang ingin berlibur ke pusat laut yang ada di Donggala Sulawesi Tengah ini. Pusat laut donggala ini sering dikunjungi oleh wisatawan luar dan juga pada khsusnya masyarakat sulawesi tengah sendiri, pada saat hari libur tiba, pusat laut yang ada di daerah donggala ini sangat ramai yang dipadati oleh para pengujung Pusentasi Pusat Laut.

Lokasi : Terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pusat laut ini masih berdekatan dengan Pantai tanjung karang.

Estimasi Waktu : Kurang dari 1 jam.

Transportasi : Roda 2 (Motor) dan Roda 4 (Mobil)


Pusentasi Laut Donggala
Pusat laut donggala atau pusentasi pusat laut Sulawesi Tengah

Pantai Talise 

Patai talise adalah salah satu pantai wisata yang ada di indonesia pada khususnya daerah sulawesi tengah, yakni kota palu. Pantai talise yang ada di kota palu ini memilki keindahan panorama pantai yang menakjubkan, pantai talise yang sangat menakjubkan ini dikelilingi oleh gununng-gunung sehingga membentuk sebuah teluk yang biasa masyarakat kota palu sebut "Teluk Palu". Di pesisir pantai talise juga banyak di tumbuhi  oleh pohon-pohon yang subur dan memiliki daun yang hijau. Patai talise juga sering digunakan untuk lokasi senam pagi atau iven-iven tertentu oleh para panitia pelakasana kegiatan. Dengan adanya Pantai talise ini, kota palu kini menjadi sebuah tempat wisata yang juga di kenal di luar negeri.

Lokasi : Terletak di Jalan Raja Moili dan Cut Mutia, Kecamatan Palu Timur, Provinsi Sulawesi Tengah (Berada di Pinggiran Kota Palu).

Estimasi Waktu : Kurang dari 15 dari dalam Kota Palu

Transportasi : Roda 2 (Motor) dan Roda 4 (Mobil)

Wisata pantai Palu
Taman pantai talise palu - Photo by Great Photo indonesia

Taman Nosarara Nosabatutu atau Tuguh perdamaian

Tuguh Perdamaian atau bisa juga disebut dengan sebutan Taman Nosarara Nosabatutu, taman ini terletak di atas gunung yang hampir bersampingan dengan pantai talise. Taman Nosarara Nosabatutu adalah salah satu taman yang sangat istimewah, hemm.. Mengapa sampai saya katakan istimewah ? apakah karena keindahannya ? Opss.. bisa juga. ...iya.. Taman Nosarara Nosabatutu ini sangat terkenal dengan keindahan pemandangannya, yang dikarenakan posisinya yang terletak di atas gunung sehingga hampir semua sudut-sudut kota palu bisa terlihat, dan juga pesisir patai talise yang menghiasi indahnya pemandangan dari Taman Nosarara Nosabatutu. Taman Nosarara Nosabatutu ini sangat ramai pengunjung, pada saat menjelang sore hari tiba, taman nosarara nosabatutu ini selalu terlihat ramai, keadaan ini disebabkan keindahan taman yang semakin nampak pada saat menjelang sore hari tiba. Pengujung taman nosarara nosabatutu ini tidak hanya tertarik akan pemandangannya, tetapi juga dengan keindahan taman yang juga dihiasi oleh bunga-bunga yang sengaja ditanam untuk melengkapi indahnya suasana di Taman Nosarara Nosabatutu.

Lokasi : Terletak di Wilayah Tondo, Kecamatan Mantikulore, Provinsi Sulawesi Tengah, beridiri di atas lahan sekitar 800 Meter2.

Estimasi Waktu :  Kurang dari 1 jam.

Transportasi : Roda 2 (Motor) dan Roda 4 (Mobil).

Gong Perdamaian Kota Palu
Taman Nosarara nosabatutu atau Gong Perdamaian - Photo by Great Photo Indonesia

Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu adalah salah taman yang sangat terkenal di daerah sulawesi tengah, taman nasional lore lindu ini juga menjadi salah satu perhatian tersendiri bagi pemerintah sulawesi tengah, yang dimana taman nasional lore lindu masih memiliki hutan yang belum di jamah oleh manusia, maka dari itu pemerintah sulawesi tengah sangat mengharapkan untuk bekerjasama dalam menjaga kelestarian alam taman nasional lore lindu.  Di Taman nasional lore lindu juga masih banyak satwa liar yang menjadi penghuni Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Uniknya lagi, Taman Nasional Lore Lindu memiliki Flora dan Fauna Endemik Sulawesi serta panorama alam yang sangat menarik karena terletak di Garis Wallace yang merupakan wilaya peralihan antara zona Asia dan Australia.

Lokasi : Dari Kota palu - Kamarora dengan jarak 50 KM dan waktu tempu sekitar 2,5 jam, kemudian dari Palu - Wuasa dengan jarak 100 KM dan waktu tempu sekitar 5 jam, dan kemudian dari desa wusasa - besoa 50 KM dengan waktu tempu sekitar 4 jam, Palu - Kulawi 80 KM dengan waktu tempu Enam jam.

Keterangan : Menyusuri kawasan Taman Nasional Lore Lindu anda dapat berjalan kaki dan naik kuda.

Transportasi : Roda 2 (Motor) dan Roda 4 (Mobil)


Taman Nasional Lore Lindu
Burung Alo Taman nasional lore lindu

Museum Sulawesi Tengah

Salah satu tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk di kunjungi adalah Museum Sulawesi tengah. di dalam museum sulawesi tengah ini banyak terdapat koleksi peninggalan sejarah sulawesi tengah di zaman dulu, ada berbagai macam meninggalan adat istiadat yang di miliki oleh suku-suku yang ada di sulawesi tengah yang di antarannya adalah pakaian Kulit Kayu, Patung, Lukisan, dan masih banyak lagi. Di dalam museum Sulawesi tengah ini, juga terdapat berbagai macam peninggalan cagar budaya yang juga di koleksi oleh museum sulawesi tengah ini.

Lokasi : Jalan Sapiri No. 20, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Estimasi Waktu : Kurang dari 20 menit dari pusat kota palu.

Transportasi : Roda 2 (Motor) dan Roda 4 (Mobil)


Museum Kota Palu
Museum Sulawesi Tengah berada di Impres 

Sou Raja

Tempat wisata selanjutnya adalah sou raja. Sou Raja atau rumah raja adalah salah satu tempat tinggal raja yang pada zaman dulu pernah memerintah di daerah sulawesi tengah. Rumah atau Sou Raja ini hanya terbuat dari kayu Ulin dan kayu Bayam dengan atap yang berbentuk segitiga. Dengan adanya Sou raja yang ada di sulawesi tengah ini, telah membuktikan bahwa memang pada zaman dahulu daerah sulawesi tengah pernah di perintah oleh seorang raja, ini juga menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk berkujung ke Sou Raja sulawesi tengah untuk meneliti sejarah sulawesi tengah.

Lokasi : Terletak di desa Lere, Kecamatan Palu selatan, masih di dalam kota palu.

Estimasi Waktu : kurang dari 20 menit dari pusat kota.

Transportasi : Roda 2 (Motor) dan Roda 4 (Mobil)

Raja Palu
Sou Raja berada di desa Lere masih perkotaan

Pulau Pasoso

Menuju ke Pulau Pasoso. Pulau pasoso adalah salah satu pulau yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan pastinya sangat menyenangkan apabila anda berkunjung ke pulau pasoso. Pulau Pasoso secara administratif berkecamatan di Balasaeng yang termasuk dalam kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pulau pasoso juga sangat terkenal oleh masyarakat luar negeri maupun dalam negeri. Hal ini karena Pulau pasoso adalah salah satu pulau Penyu, yang dimana para wisatawan akan segera berdatangan pada bulan-bulan tertentu untuk melihat penyu bertelur.

Lokasi : Terletak di Pantai Barat, Kecamatan Balasaeng, Kabupaten Donggala, anda  dapat menempunya dengan beberapa jalur, tetapi jalur utama adalah dari desa Labean 108 Km dari sebelah Utara kota palu.

Estimasi Waktu :  Sekitar 3 jam.

Transportasi : Roda 2 (Motor), Roda 4 (Mobil) dan Kapal.


Pulau Penyu di Sulawesi Tengah
Pulau Pasoso sangat indah

Danau Poso

Danau poso adalah salah satu danau yang ada di daerah Sulawesi tengah yang sudah terkenal di mancanegara maupun lokal. Danau poso terletak di Poso yang juga masuk dalam wilayah sulawesi tengah. Dan berdasarkan hasil penelitian bahwa danau poso ini adalah salah satu danau terbesar di indonesia dengan urutan ketiga setelah Danau Towuli yang ada di sulawesi selatan dan Danau Toba yang ada di daerah Sumatra utara. Danau poso juga dikenal dengan Danau Wisata yang sangat diminati oleh para Wisatawan, hal ini disebabkan karena danau poso ini memiliki panorama alam yang sangat menarik, seperti pada umumnya pada saat anda berkujung ke pantai-patai, pasti akan menjumpai pasir putih yang begitu indah, begitu pula dengan Danau Poso, Danau Poso memiliki pasir putih yang bercampur dengan warna kekuningan, yang juga tidak kalah menarik dengan pasir patai pada umumnya. Dan uniknya lagi, pasir danau yang ada di danau poso ini terlihat sedikit berwarna kuning dan berpadu dangan air yang jernih  sehingga terlihat lebih menarik. Dan jika anda berkujung di danau poso yang terletak di Sulawesi Tengah ini, janganlah menyianyiakan waktu anda untuk berkunjung hanya pada satu tempat saja, tetapi kunjungilah beberapa tempat di danau ini, karena ada pula beberapa tempat yang sangat menarik, yang dimana anda akan menemukan batu yang bermunculan dari dalam danau yang terlihat seperti sekelompok batu yang terapung.

Lokasi : Terletak di Kecamatan Pamona Utara dan Pamona selatan kabupaten Poso. Sulawesi tengah.

Estimasi Waktu : Sekitar 213 Km dari kota palu, dengan waktu tempu sekitar 4 jam 37 menit.

Transportasi : Roda 2 (Motor) dan Roda 4 (Mobil)

Tentena Danau Poso
Dana Poso Sulawesi Tengah sangat indah pemandangannya

Danau Lindu

Menuju ke Danau Lindu, iya.. Danau Lindu adalah salah satu tempat Wisata yang juga sangat menarik untuk di kunjungi. Danau Lindu terletak di Kecamatan Lindu kabupaten Sigi, yang secara administratif masuk dalam wilayah Sulawesi tengah. Danau Lindu juga terletak di dalam Taman Nasional Lore Lindu, hal inilah yang juga membuat danau lindu ini lebih menarik karena dikelilingi oleh hutan Taman Nasional Lore Lindu. Anda dapat menempu perjalanan dari kota palu sampai ke danau lindu dengan waktu yang berfariasi, yang dimana waktu tersebut adalah sekitar 3 sampai 4 jam tergantung kecepatan anda. Dan lebih menariknya lagi, anda akan melewati hutan Taman Nasional Lore Lindu. Oh iya... Apabilah anda akan menuju ke danau lindu, jangan lupa membawa perlengkapan yang lengkap, karena di daerah lindu masih belum memiliki supermarket atau minimarket, maka dari itu anda harus benar-benar mempersiapkan kelengkapan yang akan anda bawah untuk berkunjung ke danau lindu. Disisi lain, danau lindu juga dikenal dengan kekayaan alamnya yang sangat luar biasa, yang dimana banyak terdapat berbagai macam spesies yang hudup didalam danau ini Seperti, Ikan Mujair, Sogili, Lele, Ikan Mas, dan masih banyak lagi. Namun, seiring bertambanya pupulasi manusia yang ada di daerah danau lindu ini, berdampak pada pupulasi ikan yang semakin menurun, yang juga disebabkan oleh masyarakat yang setiap harinya menangkap ikan di danau. Namun, untuk mencegah terus berkurangnya ikan yang ada di danau lindu ini, masyarakat yang tingggal di sekitar danau lindu mengambil keputusan untuk tidak menangkap ikan selamat 1 bulan bahkan hingga beberapa bulan guna mengatasi terus berkurangnya ikan yang ada di danau lindu ini.

Lokasi : Terletak di antara Desa Puroo, Langko, Tomado, Anca, dan termasuk dalam Kecamatan Danau Lindu, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Estimasi Waktu : Kurang dari sekitar 3 jam 20 menit dari Kota Palu.

Transportasi : Dari kota palu sampai Desa Sedaunta menggunakan roda 4 (Mobil) dan kemudian dari Desa Sedaunta menuju ke danau lindu menggunakan roda 2 (Motor).

Taman Nasional Lore Lindu
Danau Lindu dengan manorama alam yang sangat indah

Demikianlah informasi tempat-tempat wisata yang ada di sulawesi tengah, sedikit kesimpulan bahwa , daerah sulawesi tengah adalah salah satu daerah yang ada di indonesia yang sangat kaya akan kekayaan alamnya. Hal ini bisa dilihat dari Lokasi wisatanya yang begitu indah dan pastinya sangat berserjarah.

Baca juga Artikel menarik di Bawah ini :
SHARE

About test

0 komentar :

Post a Comment