Home » » Suku Bugis di Sulawesi

Suku Bugis dari makasar Suku Bugis   Adalah salah satu suku yang ada di indonesia yang dimana  suku bugis   ini sangat terkenal denga...

Suku Bugis di Sulawesi

Written By test on Monday 28 March 2016 | 11:46

Suku Bugis dari makasar


Suku Bugis Adalah salah satu suku yang ada di indonesia yang dimana suku bugis ini sangat terkenal dengan adat istiadat dan budayanya yang hingga pada saat ini masih di pertahankan. Suku bugis tergolong dalam suku-suku Melayu Deutero dan diketahui kebanyakan berasal dari Sulawesi selatan, kemudian menelusuri informasi dari beberapa sumber yang menyatakan bahwa, suku bugis ini sudah menyebar di berbagai daerah yang ada di indonesia. masyarakat suku bugis telah menyebar di berbagai daerah di indonesia, dan berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2000, jumlah masyarakat Suku bugis Mencapai Enam Juta Orang.

Suku - bugis
Photo by : Image

Suku Bugis

Masyarakat suku bugis lebih banyak bertempat tinggal di daerah Sulawesi selatan, itu disebabkan pada saat migrasi pertama dari daratan asia yang pada tepatnya Yunan. masyarakat suku bugis ini berasal dari Sulawesi Selatan, namun kita bisa lihat dan pastikan bahwa di daerah mana saja pasti kita menjumpai masyarakat yang menyatakan dirinya sebagai orang bugis, hal ini juga terjadi karena masyarakat suku bugis sudah tersebar di berbagai penjuru daerah yang ada di Indonesia.

Masyarakat suku bugis menyebut atau panggilan "To Ugi" atau orang bugis kata Ugi ini

Bisa dikatakan bahwa masyarakat suku bugis adalah masyarakat perantau, di daerah manapun, selagi masih kawasan Indonesia, tidak menentu kemungkinan pasti selalu ada masyarakat suku bugis yang berdiam dan bertempat tinggal di daerah tersebut. Berdasarkan beberapa hasil survei bahwa suku bugis ini banyak tersebar di daerah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, papua, Kalimantan Timur, Kalimantan selatan , Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau. Selain itu masyarakat suku bugis juga banya terdapat di Negara tetangga seperti, Malayasia dan Singapura, mereka telah beranak cucu dan mulai berkembang di Negara tersebut.

Berdasarkan Perkembangan Suku Bugis

Dalam proses perkembangannya, suku bugis telah membentuk beberapa kerajaan. kemudian suku bugis Mengembangkan beberapa Kebudayaan, aksara, bahasa, dan Pemerintahan oleh mereka sendiri.  Dan kemudian ada beberapa kerajaan suku bugis yang klasik yang di antaranya adalah Wajo, Soppeng, Bone, Sawitto, Suppa, Sidenreng, dan Rappang. Meskipun telah menyabar, dan kinipun telah membentuk suku bugis, tetapi dalam proses pernikahan telah menyebabkan adanya keeratan pertalian darah Makasar dan Mandar yang termasuk dalam Provinsi Sulawesi Selatan.  Dan seiring berjalannya waktu, saat ini masyarakat suku bugis telah menyebar di berbagai pelosok daerah yang ada di indonesia yang di antaranya adalah kabupaten Wajo, Bone, Luwu, Pinrang, Sidrap, Barru, Soppeng. Dan kemudian daerah peralihan antara Bugis dan Makasar diantaranya adalah Maros, Sinjai, Pangkajene Kepulauan, dan Bulukumba. Lalu daerah peralihan Bugis dan Mandar yaitu Kabupaten Pinrang dan Polmas.



Baca Juga paling menarik :

Mata Pencaharian Suku Bugis

Mengenai mata pencaharian masyarakat suku bugis, kebanyakan dari suku ini memilih profesi sebagai petani dan nelayan, namun ada juga yang meminati profesi sebagai pedagang. Lain dari pada ini masyarakat suku bugis juga ada banyak yang mengisi Birokrasi Pemerintahan dan kemudian menekuni di bidang pendidikan.

SHARE

About test

0 komentar :

Post a Comment