Home » » Tahu dengan Kandungan Gizi yang Lengkap

Tahu Memiliki kandungan gizi yang lengkap Tahu Tahu dengan Kandungan Gizi yang Lengkap. Tahu adalah salah satu makanan yang sejak la...

Tahu dengan Kandungan Gizi yang Lengkap

Written By test on Sunday 27 March 2016 | 20:16

Tahu Memiliki kandungan gizi yang lengkap

Tahu

Tahu dengan Kandungan Gizi yang Lengkap. Tahu adalah salah satu makanan yang sejak lama telah menjadi favorit kuliner di Negara Indonesia. Namun, tahu dikenal berasal dari tiongkok, dan dari beberapa Penelitian dengan mengenai asal dan usul tahu, ditemukan bahwa ada satu dokumen yang menuliskan, bahwa  tahu sudah ada dan diperkirakan sudah ada sekitar 2000 tahun yang lalu, dan berdasarkan penelitian bahwa  dokumen ini ditulis oleh Li Shien dari Dinasti Ming, Tiongkok.

Tahu merupakan bahan makanan yang terbuat dari sari kedelai dengan proses fermentasi. Tahu memiliki banyak manfaat didunia kuliner, dimana ada banyak makanan yang berbahan dasar tahu dan memiliki citarasa yang nikmat dan pastinya memanjakan para penikmatnya.

Tahu - khas - indonesia
Original Photo By: Great Photo Indonesia

Penelitian tentang Tahu

Berdasarkan penelitian dengan ala hasil bahwa tahu memiliki kandungan gizi yang dapat menyehatkan tubuh dikarenakan tahu memiliki protein nabati yang terbaik karena memiliki asam amino yang dipercaya paling lengkap dan memiliki daya cerna yang tinggi. Kalau dibandingkan dengan bahan makanan lainnya memang tahu masih kurang dibanding dengan lauk pauk Hewani yang lebih tinggi kandungan gizinya seperti,  Ikan, daging, telur. Namun dengan kualitas harga yang berbeda, masyarakat lebih banyak memilih mengkonsumsi tahu sebagai pengganti protein nabati untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Dan bukan hanya itu saja, bahan makanan tahu juga mudah didapat.

Tahu, dengan kelezatan yang dapat membuat anda tidak berhenti menkonsumsi tahu, tahu dipercaya secara medis menyimpan Khasyat yang luar biasa. Sebuah studi kasus oleh tim medis dari kanada menemukan zat yang ada pada tahu yang dapat menurunkan kolestrol tinggi yang ada dalam tubuh manusia. Studi kasus ini dipublikasikan di American Journal Of Clinical Nutrition yang dilakukan kepada 55 laki laki dan perempuan usia setengah baya yang sudah memiliki kolestrol tinggi.

Tahu yang dipercaya dapat menurunkan kolestrol tinggi juga dapat mengobati kanker payudara. karena mengkonsumsi tahu  27 persen dipastikan lebih banyak mengalami pembentukan estrogen dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi tahu sampai dengan 27 persen atau lebih. Dan juga berdasarkan penelitian bahwa tekanan darah yang mengkonsumsi tahu lebih renda dibanding dengan yang kurang mengkonsumsi tahu.

Hasil penelitian Tahu Menurut DKBM P3G '90:

  1. Dari Tahu yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
  2. Banyaknya Kandungan Lemak Tahu = 4,7 gr
  3. Jumlah Kandungan Energi Tahu = 80 kkal
  4. Tahu dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  5. Banyaknya Kandungan Protein Tahu = 10,9 gr
  6. Banyaknya Kandungan Kalsium Tahu = 223 mg
  7. Banyaknya Kandungan Karbohidrat Tahu = 0,8 gr
  8. Banyaknya Kandungan Zat Besi Tahu = 2,4 mg
  9. Banyaknya Kandungan Vitamin A Tahu = 0 IU
  10. Banyaknya Kandungan Fosfor Tahu = 183 mg
  11. Banyaknya Kandungan Vitamin C Tahu = 0 mg
  12. Banyaknya Kandungan Vitamin B1 Tahu = 0,01 mg


Beberapa manfaat kandungan gizi tahu bagi kesehatan

Protein yang tinggi yang ada pada Tahu

Manusia memiliki tubuh yang bisa dikatakan lemah dan kuat, dan dari itu tubuh manusia tidak selamanya Kuat dan juga lemah, maka ada yang namanya, tubuh akan kuat apabila memenuhi syarat dan ada juga, tubuh akan lemah atau kurang berenergi apabila tidak memnuhi syarat. Syarat - syarat itu adalah manusia harus mengkonsumsi makanan yang memiliki protein yang cukup untuk memenuhi syarat agar stamina lebih baik dan bertenaga. Dari sebagian banyak orang mengatakan bahwa protein banyak didapatkan dari daging. Namun kenyataanya bahwa protein pada tahu dapat memenuhi syarat dan ketentuan agar bisa menjadi lebih sehat.

Menurunkan Kolestrol tinggi

Mendengar kata kolestrol tidak lari dari kata bahan makanan yang berminyak, dimana kolestrol yang tinggi timbul dari makan yang berminyak. karena berdasarkan penelitian secara medis mengkonsumsi bahan makanan yang memilki minyak lebih akan mengakibatkan kolestrol yang tinggi, maka dari itu ada beberapa pesan Medis untuk mengurangi mengkonsumsi Makanan yang berminyak karena itu akan terus menambah kolestrol yang ada pada tubuh anda. Di dunia kuliner ada sala satu makan yang berperan penting untuk menurunkan bahkan di yakini dapat menyembuhkan kolestrol, yaitu bahan makanan tahu, karena tahu dapat menyerap minyak goreng dan cairan lainnya yang terakumulasi didalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit. Tahu merupakan sumber lesitin dan asam inoleat yang baik, yang bisa membantu metabolisme dalam tubuh dan menghilangkan sedikit demi sedikit kolestrol yang ada dalam tubuh manusia.

Protein yang dapat menyembuhkan asam urat

Penelitian yang tidak ada habisnya terhadap bahan makan tahu, tahu yang memiliki protein yang berguna bagi tubuh manusia juga dapat menyembuhkan penyakit asam urat, dikarenakan bahwa tahu adalah sumber protein yang baik.

Tahu menjadi sumber kalsium

Tahu dengan Kandungan Gizi yang Lengkap. Membahas tentang kalsium pastinya akan membuat anda semakin menyukai bahan makanan tahu yang juga dipercaya memiliki kalsium yang tinggi untuk kebutuhan tulang. karena kurangnya kalsium dalam tubuh menyebabkan Osteoporosis. oleh sebab itu tahu juga berperan penting dalam menambah dan memberi kalsium yang cukup bagi tulang.

Baca juga artikel menarik lainnya :

SHARE

About test

0 komentar :

Post a Comment