Home » » Kelezatan Kaledo, Uta Dada, Uta Kelo, yakni Kuliner Khas Kaili (Kota Palu)

Kaledo Kota palu, enak dan lezat Kelezatan Kaledo, Uta Dada, Uta Kelo. SALAM, buat semua para sahabat-sahabat blogger Se-Indonesia dan p...

Kelezatan Kaledo, Uta Dada, Uta Kelo, yakni Kuliner Khas Kaili (Kota Palu)

Written By test on Monday 28 March 2016 | 11:14

Kaledo Kota palu, enak dan lezat

Kelezatan Kaledo, Uta Dada, Uta Kelo. SALAM, buat semua para sahabat-sahabat blogger Se-Indonesia dan pastinya juga para sahabat Blogger Se-Dunia. Di postingan kali ini, Saya Medan lapasila, Selaku Pendiri Great Photo Indonesia akan memberikan informasi tentang Kuliner yang ada di Indonesia, Khususnya daerah sulawesi tengah yang juga memiliki kuliner yang khas yaitu, Kelezatan Kaledo, Uta Kelo, Uta Dada, Yakni kuliner Khas Palu. Sebagaimana kita ketahui bahwa Kota palu adalah ibu kota Propinsi Sulawesi Tengah. Kota Palu yang dikenal dengan kulinernya yang khas, Kuliner Tersebut adalah Kaledo, Uta dada dan Uta Kelo. Kuliner ini adalah bagian dari Icon Kota palu, yang dimana, para wisatawan mengenalnya dengan Kuliner Khas Kaili (Orang Palu).

Untuk lebih mengenal kuliner yang Khas asal To Kaili ini, saya akan memberikan sedikit Perincian atau penjelasa tentang Kuliner asal to Kaili ini yang di antaranya adalah Kaledo, Uta dada dan Uta Kelo .

Masakan Kaledo Khas Kaili
Photo by : Image

  • Kaledo

Kaledo adalah kuliner yang sangat dikenal di daerah Sulawesi Tengah. Kata Kaledo ini berasal dari bahasa kaili yang di aritkan sebagaimana, Ka adalah Keras sedangkan Ledo adalah Tidak. Namun dari sebagian besar masyarakat umum sulawesi tengah yang menyebut bahwa Kaledo adalah Kaki Lembu Donggala. Dengan menyebut Kaledo adalah kaki lembu donggal juga ada benarnya, yang konon katanya Masakan kaledo ini berasal dari Kabupaten Donggala yang juga masuk dalam daerah Propinsi Sulawesi Tengah.

Dari segi tampilan, masakan kaledo yang sangat khas ini, Tampak seperti Tulang  berulang yang sudah di Potong menjadi beberapa bagian, Tulang yang dipotong-potong itu adalah bagian dari Kaki lembu yang besar. Bagian tulang yang biasanya di pakai atau dimasak adalah tulang bagian lutuk yang dipenuhi dengan sumsum. Tulang ini kemudian direbus dan diberi bumbu khusus untuk mencipatakan cita rasa yang lezat yang dapat membuat lidah anda tidak berhenti bergoyang.. Hehe. Jika dilihat dari tampilan, masakan kaledo tidak terlalu begitu menggugah selerah, karena dibaluti kuah yang bening dan memiliki tampilan yang biasa-biasa saja, tetapi pada saat anda mecicipinya, anda akan benar-benar mengatakan Woowwww... Makanan ini memang Khas To Kaili hehehe..!!! .. Tu Kan, Gua Bilang, pasti Lu ngatain Seperti itu... :)

Uta Dada masakan Khas Kaili
Photo by : Image

  • Uta Dada

Kuliner Uta dada adalah salah satu kuliner yang juga berasal dari daerah sulawesi tengah (Palu). Masakan uta dada ini sering di jumpai di rumah makan pinggiran jalan yang pada khususnya Rumah makan yang menyiapkan Menu masakan Khas Kaili. Masakan uta Dada ini terbuat dari kuah santan yang kental yang di baluti dengan bumbu khas Kaili dan juga di Campur dengan daging ayam sebagai bahan bakunya. Masakan Uta Dada ini hampir mirip dengan masakan Opor, namun masakan Uta Dada ini memiliki citarasa yang berbedah. Cita rasa yang dimiliki oleh masakan Uta Dada ini sangatlah Gurih dan pastinya dapat Menggugah selerah makan anda.


Uta Kelo Masakan Khas Kaili
Photo by : Image

  • Uta Kelo

Dari beberapa masakan khas kaili yakni tentang Kelezatan Kaledo, Uta Dada, dan Uta Kelo, kini kita akan membahasa sedikit salah satu masakan yang juga berasal dari daerah sulawesi tengah Yakni Uta Kelo. Masakan Uta Kelo adalah masakan yang juga tergolong dalam Kuliner Khas Kaili. Uta Kelo atau biasanya disebut Sayur Kelor telah menjadi salah satu dari beberapa Menu Khas Kaili yang memiliki cita rasa yang gurih dan menggugah selerah makan. Masakan Uta Kelo ini juga terbuat dari Kuah santan dan Daun Kelor yang juga dibaluti oleh bumbu-bumbu khas kaili yang sudah disiapkan dengan berbagai macam campuran bumbu sehingga menciptakan suatu aroma yang begitu enak.

Baca juga artikel lainnya :

SHARE

About test

0 komentar :

Post a Comment