Home » » Macam - macam jenis tempe yang ada di indonesia

Macam - macam jenis tempe dan kandungan gizinya yang ada indonesia Macam - macam jenis tempe yang ada di indonesia . Tempe, siapa sih...

Macam - macam jenis tempe yang ada di indonesia

Written By test on Sunday 27 March 2016 | 19:12

Macam - macam jenis tempe dan kandungan gizinya yang ada indonesia

Macam - macam jenis tempe yang ada di indonesia. Tempe, siapa sih yang tidak kenal dengan nama tempe, dari kalangan manapun pasti mengenal yang namanya tempe, khusunya bagi warga indonesia. Tempe adalah salah satu makanan khas indonesia yang mudah di dapat dikarenakan harga yang terjangkau, juga rasanya yang enak, mudah didapat, dan menyehatkan tubuh, karena tempe memiliki kandungan gizi yang bisa membunuh bakteri yang ada dalam tubuh manusia. Tempe juga dipercaya dan sudah dilakukan penelitian bahwa tempe mampu menyembuhkan penyakit diare dan kanker.

Seperti yang biasanya kita temui dan yang peling sering kita konsumsi adalah tempe yang terbuat dari kacang kedelai, namun disisi lain ada banyak jenis tempe, tetapi tidak semua tempe yang dapat menyehatkan tubuh, malah bisa berbahaya bagi tubuh manusia. Hmtt.. tempe apa itu? mari kita lihat dan cermati baik-baik beberapa jenis tempe yang ada di indonesia ini. !
Jenis-jenis tempe
Original Photo By: Great Photo Indonesia

Tempe kedelai

Tempe kedelai adalah tempe yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizopus Oligosporus. Yang dimaksud dengan jamur Rhizopus oligosporus adalah kapang dari filum Zygomycota yang sering digunakan dalam Pembuatan tempe dari proses fermentasi kacang kedelai, karena Rhizopus Oligosporus yang menghasilkan enzim fitase yang memecah fitat membuat komponen marko membuat kedelai dipecah menjadi komponen mikro sehingga tempe lebih mudah dicerna dan zat gizinya lebih mudah diserap tubuh.

Keunikan dari tempe kedelai

Tempe kedelai adalah tempe yang budah didapat dan harga yang terjangkau, dan sudah 18 negara di Eropa sudah memproduksi tempe kedelai.

Kandungan gizi yang ada pada tempe kedelai

Protein 20,8 gram, lemak 8,8 gram, serat 1,4 gram, kalsium 155 miligram, fosfor 326 miligram, zat besi 4 miligram, vitamin B1 0,19 miligram, karoten 34 mikrogram.

Tempe Benguk

Terbuat dari biji benguk yang berasal dari kacang koro, dan masih satu rumpun dengan kacang kapri dan kacang buncis. Besar biji benguk kira-kira seperti biji kopi atau kelereng dan lonjong dan agak pipih, dan juga berwarma keabu-abuan.

Keunikan dari tempe benguk

Biji benguk terdapat racun asam sianida, yang kandungan racun ini mudah dihilangkan dengan metode direndam dengan air selama 1 sampai 2 hari, sehingga racun biji benguk akan hilang dengan sendirinya.

Kandungan gizi yang terdapat pada biji benguk

Dari hasil penelitian laboratorium biji benguk mengadung gizi, 100 Gram kalori, 142 kkal, protein 11 gram, kabohidrat 20,4 gram, kalsium 42 miligram, fosfor 15 miligram, zat besi 2,6 miligram.

Tempe Kecipir

Tempe kecipir adalah tempe yang terbuat dari biji kecipir, kalau di sumatra tempe kecipir ini dikenal dengan kacang botol atau kacang belimbing, Di jawa barat kacang belimbing, sedangkan di bali dikenal dengna sebutan kelongkang. Tanaman kecipir termasuk golongan tanaman polong yang tumbuh merambat yang diketahui berasal dari indonesia bagian timur.

Keunikan dari Tempe Kecipir

Cara pengolahan dari tempe kecipir tidak jauh berbeda dengan cara pengolahan tempe kedelai, hanya saja karakteristik dari biji kecipir lebih keras di banding dengan tempe kedelai, dan juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merebusnya, kira-kira 20-30 menit atau sampai ia empuk.

Kandungan gizi yang dimiliki oleh tempe kecipir

Memiliki 405 KKal, Protein 32,80 gram, lemak 17 gram, dan kabohidrat 36,50 gram

Tempe Gembus

Tempe gembus adalah tempe yang dibuat dari sari tahu atau ampas tahu, yang biasanya digunakan untuk makanan sapi, Namun karena adanya faktor ekonomi yang mempengaruhi kebutuhan hidup dibudidayakanlah menjadi makanan. Ampas tahu ini diolah denga cara diberi ragi dan dibungkus plastik kecil-kecil, kemudian di diamkan selama semalam untuk proses terjadinya pertumbuha  jamur yang membuat warna tempe gembus menjadi keputihan.

Keunikan dari tempe gembus

Memiliki tekstur yang hampir menyerupai tempe kedelai dan yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki cita rasa yang gurih,lezat,embuk dan pastinya akan terus memanjakan lidah anda.

Kandungan gizi dari tempe gembus

Memiliki Protein 12,95 gram, kabohidrat 11,05 gram, serat 4,2 gram, dan lemak 4,2 gram.

Tempe Lamtoro

Tempe Lamtoro terbuat dari biji lamtoro, tanaman lamtoro ini sering dugunakan dalam penghijauan tanaman untuk mencegah erosi. Tanaman lamtoro ini diketahui berasal dari Amerika Tropis dan tumbuan ini sudah hampir ratusan tahun diperkenalkan didaerah jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan didaerah jawa.

Keunikan dari tempe lamtoro

Tempe lamtoro memiliki tekstur yang panjang dan memilki warna yang hijau sehingga bisa digunakan untuk penghijauan, kemudian ada rasa lemak dari kulit biji lamtoro.

Kandugan gizi yang dimiliki oleh tempe lamtoro

Memiliki lemak 2,5 gram, Protein 11 gram, kalori 142 KKal, Kabohidrat 20.4 gram, Kalsium 42 miligram, fosfor 15 miligram, zat besi 2,6 miligram.

Tempe kacang hijau dan kacang merah

Tidak seperti tempe lainnya yang dibuat dengan metode-metode tersendiri, namun lain halnya dengan tempe kacang merah dan kacang hijau yang jika dianalisa, pasti bisa dibuat tempe dengan metode yang hampi sama.

Keunikan dari tempe Kacang hijau dan kacang merah

Dapat menurunkan kolestrol dengan cepat.

Kanduangan gizi pada tempe kacang merah dan kacang hijau

Kacang hijau : protein 24%, kalsium 124 miligram, lemak 1,3%, serat 7,6 gram, fosfot 32 miligram.
Kacang merah : vitamin B5 0,8 miligram, folat 394 Mikrogram, kalsium 143 miligram, zat besi 8 miligram, magnesium 3 miligram. 

Baca juga artikel paling menarik lainnya :
SHARE

About test

0 komentar :

Post a Comment