Home » » Pulau Togean, Sejuta Terumbu Karang dan Spesies Langka

Pulau Togean (Wisata Sulawesi Tengah) Hai sobat kali ini saya ingin membahas tentang keindahaan tempat wisata yang ada di Sulawesi Tengah ...

Pulau Togean, Sejuta Terumbu Karang dan Spesies Langka

Written By test on Saturday 30 July 2016 | 18:33

Pulau Togean (Wisata Sulawesi Tengah)

Hai sobat kali ini saya ingin membahas tentang keindahaan tempat wisata yang ada di Sulawesi Tengah yaitu Taman Nasional Kepulaun Togean. taman Nasional Kepulauan Togean adalah sebuah tempat obyek wisata yang indah dan eksotis yang terletak di teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada Tahun 2004.

Tahukah sobat Kepulauan togean itu kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Hasil survei Marine Rapid Assement Program (MRAP) oleh Conversation Internasional Indonesia (CII) tahun 1998 di kepulauan Togean dan Banggai menunjukan bahwa kepulauan togean merupakan salah satu bagian ekosistem terumbu karang  penting dari coral triangle yang meliputi wilayah Indonesia, Filipina, Malaisya, Papua Nugini,Jepang Dan Australia.

Kepulauan Togean
Jembatan Kayu Kepulauan Togean Image by Kenyoot.blogspto.com
  1. Karang Tepi (Friging Reef)
  2. Karang Penghalang (Barrier Reef)
  3. Karang Tompok (Patch Reef)
  4. Karang Cincin (Atoll)
Hasil Marine RAP mencatat 262 spesies karang yang tergolong dalam 19 familia pada 25 titik terumbu karang yang terbesar di kepulaun togean. Hasil Marine (RAP) juga mencatat adanya jenis karang akademik Togean Yaitu Accopora Togeanensis pada sebelah titik pengamatan terumbu karang. Dan sobat perlu ketahui Marine (RAP) juga kembali menemukan Enam jenis karang baru yaitu masing-masing satu jenis dari Genus Accopora, Porities, Laptosevis,Echiaphyliadan dua jenis dari Galaxea. Dipulau togean juga tercatat 596 Gsatrapoda, 211 jenis Bilvavia, 2 jenis Copalphoda, dan 4 jenis Citon.

Pulau Togean Sulteng
Pantai Pulau Togean Image By traveliahotelpulautogean.blogspot.co.id


Di Indonesia Kepulauan Togean merupakan tempat obyek wisata yang satu-satunya memiliki tiga lingkungan karang yang berbeda yaitu :
  1. Karang Atol yaitu karang yang berbentuk pulau barang yang di tengah-tengahnya terdapat danau yang dalam.
  2. Karang Barrier yaitu karang yang merupakan deretan karang yang berjejer mengelilingi pulau menyerupai benteng atau dinding laut.
  3. Karang Pantai merupakan karang yang semuanya menjadi habitat dari flora dan fauna laut.
Dikawasan Pulau Togean juga terdapat Gunung merapi yaitu Gunung Colo yang pernah meletus pada awal awal tahun delapan puluhan. Sederan pulau-pulau kecil dan berhutan lebat yang dihuni oleh babi hutan dan pesisir pantai di huni suku bajo yang mendirikan rumah diatas laut.

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan kepulauan yang terletak dalam zona transisi garis Wallace dan Weber dan merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini, kawasan TNKT terletak pada koordinat 00o07'-00o65'06"LS dan 121o.51'63"-12220.44'00"BT,memanjang sekitar 102,7 km, dengan luas daratan kurang lebih 755,4 km2, yang terdiri dari kurang lebih 66 pulau besar dan kecil. Pulau Una-una, Batudaka,Togean, Talatakoh, Waleakodi dan Waleabani merupakan pulau-pulau besarnya.

Kawasn KNKT memiliki beberapa Objek Wisata Alam (OWA), terumbu karang, pegunungan,dan mangrove. Ketiga OWA dimaksud memungkinkan membuka peluang pemanfaatannya melalui Izin Pengusaha Pariwisata Alam (IIPA). Namun, pemanfaatan wisata di kawasan ini masih sangat terbatas.

Jika sobatku memliki hobi memancing,diving,atau snorkeling,sebaiknya datanglah ke Togean Island,Palu,Sulawesi Tengah. Lautnya yang tenang, pasirnyya yang putih, erta alamnya yang bersahaja, menjadikan setiap yang datang ke gugusan Kepulauan Togean selalu terkesan.

Untuk menuju ke Kepulauan Togean dapat ditempuh dengan cara :

  1. Dari Pulau ke Ampana via Poso (375 kilometer) dengan bis atau mencarter mobil, kemudian dengan perahu dar Ampana ke Wakai Malenga dengan jadwal rutin setiap hari.
  2. Dri Gorontalo, naik mobil ke Marisa, selanjutnya naik perahu ke Dolong atau Wakai.
Ayooo buruan sobat terutama yang suka berwisata jangan lupa kunjungi taman wisata yang satu ini yahhh di jamin sobat tidak akan menyesal bila berkunjung kesana.bye..bye!!!

eettsss.. jangan lupa baca artikel yang dibawah ini juga yaaa...,. karna artikel dibawah ini tidak kala menarik dengan artikel yang barusan anda baca loo...

Baca Juga Artikel Terbaik dibawah ini :

SHARE

About test

0 komentar :

Post a Comment