Home » » Pantai Kaluku yang Natural dan sangat Eksotis di Sulawesi Tengah

Pantai Kaluku, Tempat Wisata Terbaru di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah Pantai Kaluku - Kabupaten Donggala Pantai Kaluku yang Nat...

Pantai Kaluku yang Natural dan sangat Eksotis di Sulawesi Tengah

Written By test on Sunday 7 August 2016 | 07:25

Pantai Kaluku, Tempat Wisata Terbaru di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah

Pantai Kaluku
Pantai Kaluku - Kabupaten Donggala

Pantai Kaluku yang Natural dan sangat Eksotis di Sulawesi Tengah Tempat wisata yang berada di daerah Donggala Sulawesi Tengah ini memang bisa dibilang tidak ada habisnya, hal ini dikarenakan tempat wisata yang baru kembali terdengar berada di kawasan daerah Donggala Sulawesi Tengah, yakni "Pantai Kaluku" yang tepat berada di desa Limboro, kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala.

Promosinyapun masih belum terlalu meluas yang mungkin dikarenakan masih baru dan kebanyakan masih didengar dari mulut ke mulut hingga keindahan dan keeksotisan dari Pantai Kaluku tersebut meluas kemasyarakat.

Pantai Kaluku berjarak sekitar 5 kilometer dari arah Tenggara Desa Limboro Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala.

Waktu Tempu yang dibutuhkan untuk menuju Pantai Kaluku

Jika anda ingin berkunjung ke Pantai Kaluku anda bisa menggunakan transportasi roda dua atau dengan kendaraan bermotor dan bisa juga roda empat atau mobil dengan waktu tempu sekitar 1 jam 17 menit dari kota Palu melalui Jalan Trans Palu - Donggala.


Atau jika ada yang ingin berkunjung ke Pantai Kaluku yang ada di Kabupaten Donggala tanpa menggunakan alat transportasi seperti, sepeda motor, mobil atau sepeda biasa, anda bisa menempunya dengan berjalan kaki dari Kota Palu dengan waktu tempu kurang lebih 8 jam 27 menit.

Keindahan dan Ke Eksotisan Pantai Kaluku

Pantai Kaluku memiliki air laut yang sangat jernih dan juga memiliki pasir putih yang sangat indah. dan tidak heran kalau nama Pantai tersebut dimanakan Pantai Kaluku karena disekitar pesisir pantai tersebut ada banyak pepohonan kelapa yang berdiri kokoh dan gagah dengan hembusan angin laut sehingga suara-suara persentuhan antara dedaunan kelapa menjadi keunikan tersendiri dari Pantai Kaluku yang berada di desa limboro tersebut.

Pantai Kaluku di desa Limboro
View Pantai kaluku di Desa Limboro Kabupaten Donggala

Kata "Kaluku" adalah salah satu dialeg suku kaili yang berarti "Kelapa". Tanaman kelapa yang berada di Kawasan pantai kaluku sudah menjadi salah satu tanaman Komoditi yang menjadi unggulan di daerah Kabupaten Donggala.

Beberapa tahun yang lalu kelapa menjadi salah satu kejayaan pelabuhan Donggala yang dimana kelapa diolah menjadi kopra dan kemudian dikirim ke Makasar dan Surabaya. Dan setelah Pelabuhan dipindahkan ke Pantoloan, aktifitas pengiriman kopra menjadi tidak ramai alisa sepi.

Kawasan Pantai Kaluku yang ditumbuhi Pohon Kelapa

Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala banyak ditumbuhi pepohonan kelapa dengan buah yang besar yang sudah menjadi Icon Desa Limboro. Ada juga pohon kelapa yang memiliki buah yang masih muda yang bisa anda nikmati di Pantai Kaluku. Dan itulah sebabnya kenapa sampai Masyarakat Desa Limboro menyebut pantai itu dengan sebutan Pantai Kaluku karena pantainya dihiasi dengan ribuan pohon kelapa.

Ornamen Pantai Kaluku
Salah satu Ornamen yang ada di Pantai Kaluku 

Prediksi para wisatawan, Pantai Kaluku kedepannya

Berdasarkan perkiraan para wisatawan, kedepannya Pantai kaluku ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang sangat disukai oleh wisatawan yang berkujung kepantai tersebut yang dikarenakan Suasana di Pantai Kaluku ini sangat menyenangkan hal ini disebabkan karena Pantainya yang begitu natural dan pastinya sangat eksotis yang dimana Pantai Kaluku ini Memiliki daya tarik yang unik yang dapat memikat para wisatawan.

Peta menuju ke Pantai Kaluku Limboro kabupaten donggala

Peta Menuju ke Pantai kaluku Donggala
Peta menuju Ke Panti Kaluku, Limboro, Kabupaten Donggala.

Baca Juga : 10 Tempat wisata yang ada di Sulawesi Tengah

Wooww.. Suasana di Pantai Kaluku hampir Mirip dengan Pulau Dewata Bali

Lain daripada itu Pantai kaluku juga bisa dibilang hampir mirip dengan Pulau Dewata bali, yang dimana suasana dan keeksotisannya sangat terasa dan pastinya memiliki makna yang unik. Ada banyak ornamen yang terpasang hampir disetiap sudut Pantai Kaluku yang memberikan makna tersendiri bagi para pengunjung, seperti salah satu ornamen yang terpasang di Pantai Kaluku yang bertuliskan Mery Me, hal ini membuat ketagiahan para wisatawan untuk berfoto - foto di Pantai Kaluku tersebut.

Ornamen Kayu panjang di Pantai Kaluku - Donggala
Ornamen Kayu di Pantai Kaluku - Limboro

Berbagai macam Ornamen yang unik di Pantai Kaluku

Pantai Kaluku yang Natural dan sangat Eksotis di Sulawesi Tengah. Ornamer - ornamen tersebut terbuat dari potongan kayu yang sedikit panjang dan juga sehelai papan kecil untuk tempat Menuliskan suatu kata yang dapat memberi kesan makna yang indah untuk para pengujung, dan juga menggunakan tali sebagai alat gantungan papan yang sudah bertuliskan suatu kata yang bermakna.

Artikel Menarik Untuk di Baca :



Sepintas Wisata Pusentasi: Pantai Kaluku ini bersebelahan dengan tempat wisata yang juga biasa para wisatawan kunjungi yaitu Pusentase atau biasa disebut Pusat Laut Donggala, jadi jika anda ingin melihat langsung pusentase atau pusat laut yang ada di Donggala anda bisa langsung mampir di Pusentase air laut tersebut.

SHARE

About test

2 komentar :

  1. Belum sempat ke sulawesi tengah, baru sampai sulawesi selatan, semoga tahun depan bisa berkunjung kesana.

    ReplyDelete